Kamis, 08 Januari 2015

Puskesmas Poasia Memiliki Fasilitas Terlengkap Di Sulawesi Tenggara

Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

      Puskesmas Poasia Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), merupakan salah satu puskesmas yang memiliki fasilitas terlengkap dan terbesar yang ada di provinsi itu. Wali Kota Kendari, Asrun mengatakan, kelengkapan Puskesmas Poasia yang dibuktikan melalui fasilitas layanan standar terlengkap dimiliki sebagai sebuah puskesmas.

      "Keberadaan Puskesmas Poasia diharapkan mampu menjadi motivator bagi puskesmas lainnya yang ada di Kota Kendari, terutama dari segi pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya.

      Puskesmas Poasia, kata asrun, merupakan salah satu indikator Kota Kendari dalam meraih Kota Layak Anak (KLA) di tingkat nasional, sehingga tidak heran jika Puskesmas Poasia telah dilengkapi dengan ruangan perawatan anak, agar anak-anak bisa betah mendapatkan perawatan kesehatan.

      "Puskesmas Poasia juga sudah dilengkapi dengan Poli klinik TPA yang menangani korban kekerasan terhadap perempuan dan anak," ujarnya. Pada layanan tersebut katanya, tangani pemulihan terhadap fisik dan psikis korban, melalui tenaga konseling yang sudah memiliki sertifikat hipnoterapi. 

      "Puskesmas Poasia dilengkapi pula dengan permainan TK di taman, termasuk di ruang-ruang pelayanan kesehatan anak, agar nuansannya tidak menakutkan bagi anak," katanya.

      Menurut Asrun, pihaknya tidak hanya fokus pada pengembangan dan peningkatan fasilitas Puskesmas Poasia saja, namun juga kepada puskesmas-puskesmas lainnya yang ada di Kota Kendari. 

      "Ditengah keterbatasan anggaran yang ada, pemerintah Kendari terus mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui penambahan puskesmas-puskesmas baru, seperti di Kecamatan Abeli mengingat jaraknya cukup jauh dari rumah sakit," ujarnya.

      Lebih lanjut Asrun mengatakan, pemerintah selalu berpikir bagaimana terus meningkatkan sarana prasarana pelayanan kesehatan standar bagi sebuah puskesmas di Kota Kendari, termasuk penambahan gedung pada Puskesmas Puuwatu, yang akan direhab menjadi gedung dua tingkat.

      "Idenya, pasien dari Kabupaten Konawe dan Konawe Utara kedepan tidak perlu rawat inap di RSUD Abunawas, cukup singgah d Puskesmas Puuwatu," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar